Minggu, 28 Desember 2014

Terprovokasi Judul Berita

Sekarang sedang populer men-share link berita di facebook. Banyak macam berita yang dibagikan. Ada berita tentang olahraga, hobi, kesehatan, politik, news, agama dan lain lain. Dari beberapa macam tersebut, ada 2 macam yang sangat 'populer' yaitu agama dan politik. 

Di Indonesia, topik politik dan agama sangatlah rentan dan sering dikaitkaitkan satu sama lain. Hal ini diperparah dengan banyaknya situs berita yang dibagikan ternyata tidak kredibel dan tidak jelas. Ditambah, mereka para penulis berita tersebut , memberikan judul yang kontroversi dan cenderung provokatif. Padahal, jika membaca isinya, belum tentu arti yang kita dapatkan setelah membaca judul sama dengan arti yang didapatkan setelah membaca seluruh isi berita.

Saya sendiri merasa prihatin karena banyak orang yang terprovokasi karena hanya membaca judul berita yang mungkin tidak mencerminkan keseluruhan isi dari berita. Saya melihat banyak orang yang memberikan komentar pada postingan berita yang dibagikan tersebut, mengambil kesimpulan hanya dari membaca judulnya tanpa melihat isi beritanya. Saya pun berfikir, apakah masyarakat Indonesia ini sangat mudah diprovokasi dan dipengaruhi. 

Saya mengajak teman-teman untuk tidak mudah terprovokasi dengan banyaknya berita yang beredar di sosial media seperti facebook. Bacalah berita secara keseluruhan terlebih dahulu. Kemudian pahami isi dan maksud dari keseluruhan isi berita. Tentunya, juga jangan terprovokasi dengan berita yang kontroversi, provokatif dan berasal dari sumber yang tidak kredibel. Berhati-hatilah karena pada zaman sekarang ini, semua orang bisa bebas menulis, menyampaikan pendapat dan pemikirannya baik melalui media cetak maupun online. Jangan berfikir sempit, namun berfikirlah secara terbuka agar tidak terprovokasi dengan berita yang tidak jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar